Kembali
Kembali

PT Selaras Inti Gemilang
PTSelaras Inti Gemilang - Jual Elastomeric Bearing Pad dan Rubber Bearing Pad

Mengenal Jenis Bridge Bearing Beserta Fungsinya

Jembatan merupakan sebuah konstruksi bangunan dengan struktur yang kompleks. Setiap bagian mempunyai fungsi tersendiri agar jembatan dapat berdiri dengan kokoh dan dapat dilintasi dengan aman oleh berbagai jenis kendaraan. Salah satu bagian yang mempunyai fungsi penting bagi jembatan adalah bridge bearing atau biasa disebut sebagai bantalan jembatan.
 
Jenis Bridge Bearing

Bagian yang satu ini terbuat dari bahan karet khusus dan biasa diletakkan pada bagian bawah girder jembatan. Bridge bearing sendiri berfungsi untuk mengurangi beban pada jembatan serta meredam getaran yang timbul ketika dilintasi oleh kendaraan atau ketika terjadi gempa bumi. Bridge bearing bekerja dengan cara menyalurkan beban dari suprastruktur jembatan ke substruktur jembatan.

Jenis Bridge Bearing

Pada dasarnya bridge bearing terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Masing-masing jenis mempunyai karakteristik yang membedakannya dengan jenis lain. Tidak hanya itu, setiap bantalan jembatan juga dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda sesuai dengan tingkat ketahanan dan karakteristiknya.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bantalan jembatan, berikut ini beberapa jenis bridge bearing yang lazim digunakan pada sebuah konstruksi jembatan:

1. Plain elastomeric bearing pads
Jenis bantalan yang pertama adalah bantalan jembatan tipe polos. Sesuai dengan namanya, bantalan ini hanya terdiri dari satu lapis bantalan karet dengan ketebalan tertentu. Tidak ada pelat baja sebagai pelapis sehingga bantalan ini hanya mampu menahan beban yang rendah. Oleh karena itu, bantalan jembatan tipe polos biasa digunakan pada jembatan berukuran kecil dan pendek dengan beban yang relatif rendah.

Walaupun begitu, bantalan ini juga mempunyai kelebihan yaitu mudah dalam pemasangan. Dibandingkan dengan elastomer jembatan tipe lain, tipe polos merupakan jenis yang paling mudah untuk dipasang. Selain itu, karet Neoprene yang digunakan juga sangat efektif untuk memindahkan beban dari suprastruktur jembatan ke substruktur jembatan secara lebih halus dan merata.

Berbagai kelebihan tersebut membuat plain elastromeric bearing pad masih sering digunakan untuk konstruksi jembatan di Indonesia. Bantalan polos juga dapat mengatasi gerakan longitudinal dan lateral yang muncul akibat kondisi thermal.

2. Steel reinforce elastomeric bearing pad
Jenis bantalan jembatan yang selanjutnya adalah bantalan tipe baja berlapis. Bridge bearing yang satu ini terdiri dari beberapa lapisan karet yang dipisahkan oleh baja pelapis. Bantalan jenis ini mampu mencegah terjadinya bulging atau menggelembung sehingga bantalan menjadi cepat rusak. Tipe bantalan ini cocok untuk jembatan yang menahan beban tinggi yang berpotensi menimbulkan deformasi bantalan.

Steel reinforce elastomeric bearing pad merupakan sebuah solusi praktis dan ekonomis bagi konstruksi jembatan. Bantalan ini dapat mengatasi jembatan yang sering menerima gerakan longitudinal, transversal, maupun rotasi kecil. Isolasi getaran juga dapat diatasi menggunakan bantalan berlapis baja ini. Seperti halnya bantalan tipe polos, bridge bearing berlapis baja ini juga cukup mudah dipasang.

3. Lead rubber bearing
Jenis elastomer jembatan ini mempunyai desain yang cukup berbeda dari bantalan lain. Pasalnya lead rubber bearing mempunyai satu silinder (plug) atau lebih pada bagian tengah bantalan. Silinder tersebut dinamakan sebagai inti bantalan yang berfungsi untuk meredam getaran atau goncangan bahkan yang berskala besar sekalipun.

Lead rubber bearing dapat digunakan untuk jembatan yang dibangun pada lokasi rawan bencana seperti banjir atau gempa bumi. Struktur bantalan karet yang mempunyai satu atau lebih banyak silinder pada bagian tengah membuatnya lebih kuat untuk menahan jembatan ketika terjadi banjir, gelombang pasang, atau bahkan gempa sekalipun.

4. Pot bearing
Pot bearing merupakan salah satu jenis bridge bearing yang biasa digunakan dalam konstruksi jembatan. Bantalan karet ini dapat digunakan pada jembatan yang tidak mempunyai cukup ruang bagi elastomeric bearing pad. Sesuai dengan namanya, pot bearing memiliki desain yang menyerupai pot dan terdiri dari baja serta bantalan karet.

Pot bearing memiliki struktur yang terdiri dari piston baja yang bertumpu pada cakram elastomer di dalam pot baja. Bridge bearing ini juga berfungsi untuk memindahkan beban dari suprastruktur jembatan ke substruktur jembatan yang ada di bawah.

Karena desainnya tersebut, pot bearing merupakan jenis bantalan yang cocok untuk struktur jembatan bertipe lengkung atau miring. Selain itu, sistem piston yang dikombinasikan dengan cakram elastomer pada bagian dalam pot juga memungkinkan bantalan untuk mengakomodasi beban vertikal yang cukup besar. 

5. Base isolation bearing
Jenis bridge bearing yang terakhir adalah base isolation bearing. Bantalan jembatan ini mempunyai desain yang cukup unik sehingga digadang-gadang mampu menjadi bantalan yang sesuai dengan struktur bangunan modern dengan berbagai pertimbangan.

Jembatan modern umumnya mempunyai bentang yang panjang. Selain itu, faktor eksternal seperti cuaca ekstrim akibat pemanasan global juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun jembatan masa kini. Base isolation bearing dengan desain khusus dipercaya menghadirkan solusi bagi struktur bangnan tersebut sehingga jembatan menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap goncangan.

Bantalan yang jembatan yang satu ini mempunyai tambahan karet berbahan Neoprene yang dipadukan dengan rangka baja seperti teflon dan stainless steel sehingga mampu menahan beban yang lebih besar. Bridge bearing ini juga mampu menopang bangunan terhadap gerakan geser yang dapat terjadi akibat aktivitas seismik seperti gempa bumi.

Setiap jenis bridge bearing mempunyai desain khusus yang sesuai dengan standar. Masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri dan dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda, tergantung kemampuan masing-masing bantalan. Melalui metode penelitian dan pengujian, bantalan jembatan mampu menopang beban serta menjaga struktur jembatan agar tidak bergeser.


Put your content here..
Logo IDT
Chatbot