Kembali
Kembali

PT Selaras Inti Gemilang
PTSelaras Inti Gemilang - Jual Elastomeric Bearing Pad dan Rubber Bearing Pad

Ragam Jenis Elastomer Bearing Pad untuk Jembatan

 
Elastomer Bearing PadJembatan merupakan salah satu jenis bangunan dengan konstruksi yang rumit. Jembatan mempunyai berbagai bagian dengan fungsi berbeda demi memastikan keamanan pengguna saat melintas di atasnya. Salah satu bagian dari jembatan yang membutuhkan perhatian khusus adalah elastomer bearing pad atau biasa disebut bantalan jembatan.

Secara garis besar, bantalan yang terbuat dari karet ini berfungsi untuk menyalurkan getaran dari superstruktur jembatan ke substruktur jembatan. Tujuannya adalah agar beban jembatan dapat berkurang sehingga aman untuk digunakan. Bantalan elastomer sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaan berbeda.

 

Jenis-Jenis Elastomer Bearing Pad

Saat ini, terdapat setidaknya 5 jenis elastomer yang biasa digunakan dalam konstrukti sebuah jembatan. Pemilihan bantalan dapat disesuaikan dengan berbagai pertimbangan seperti panjang-pendek jembatan serta beban yang akan ditanggung. Berikut ini 5 jenis elastomer jembatan yang perlu Anda ketahui:

Bantalan elastomer polos
Biasa juga disebut sebagai plain elastomer, bantalan yang satu ini hanya terdiri dari satu lapis bantalan karet yang terbuat dari bahan Neoprene. Karena bentuknya yang sangat sederhana, bantalan ini hanya dapat digunakan pada jembatan dengan beban yang relatif rendah. Bantalan elastomer polos masih sering digunakan di Indonesia, terutama pada jembatan pendek.
Meskipun terbilang sederhana, namun bantalan polos ini juga mempunyai keunggulan yang salah satunya adalah mudah dalam hal pemasangan. Dibandingkan dengan jenis lain, tipe polos ini paling mudah dipasang.

Bantalan elastomer dengan baja lapis
Bantalan elastomer ini terdiri dari beberapa lapis karet yang diselingi oleh pelat baja. Karena mempunyai lapisan baja, maka bantalan ini dapat terhindar dari menggelembung atau bulging yang membuat bantalan cepat rusak. Elastomer dengan baja lapis ini dapat diandalkan untuk menahan beban yang relatif tinggi. Seperti halnya bantalan elastomer polos, bantalan dengan baja lapis ini juga cukup mudah dipasang.
Karena sifatnya yang handal, bantalan elastomer dengan baja lapis menghadirkan solusi untuk konstruksi jembatan modern yang kuat dan kokoh. Meskipun menahan beban tinggi, bantalan ini tidak akan mengalami perubahan bentuk (deformasi).

Lead rubber bearing
Dibandingkan dengan jenis bantalan lain, lead rubber bearing mempunyai desain yang cukup unik. Pasalnya bantalan ini didesain dengan plug silinder pada bagian tengah, dengan jumlah satu atau lebih. Silinder tersebut berperan sebagai inti bantalan yang dapat meredam goncangan atau getaran.
Lead rubber bearing menjadi bantalan yang cocok digunakan untuk daerah rawan bencana alam seperti gempa bumi atau banjir. Dengan adanya plug silinder pada bagian tengah, bantalan ini menjadi lebih kuat untuk menahan beban jembatan.

Pot bearing
Bantalan jembatan ini mempunyai bentuk menyerupai pot, sebagaimana nama yang diberikan. Pot bearing terdiri dari beberapa bagian seperti pelat baja dan cakram karet pada bagian dalam. Struktur yang menyerupai piston baja membuat elastomer ini mampu menahan beban yang cukup besar. Desain pot bearing juga memungkinkan bantalan ini untuk digunakan pada jembatan lengkung ataupun miring.

Base isolation bearing
Bantalan elastomer ini merupakan jenis terbaru yang digunakan untuk konstruksi jembatan modern. Pasalnya base isolation modern mengggabungkan karet Neoprene dengan rangka baja, stainless steel, dan telfon sehingga mampu menahan beban jembatan yang berat. Elastomer ini juga cocok digunakan untuk jembatan modern dengan bentang yang panjang.

Elastomer bearing pad ini juga mempunyai desain khusus yang mampu menopang jembatan ketika terjadi gerakan geser akibat gempa bumi atau gelombang pasang. Dengan demikian, base isolation bearing merupakan solusi untuk bangunan jembatan yang kokoh.


Logo IDT
Chatbot